Sabtu, 21 November 2009

WELCOME TO CYBERSPACE...!



(Ruang Budaya Baru Di Internet)

Cyberspace adalah tempat kita berada saat ketika kita mengarungi dunia informasi global interaktif yang dinamakan internet. Istilah Cyberspace sendiri itu sendiri diciptakan oleh seorang penulis fiksi ilmiah, Wiliam Gibson, yang membayangkan adanya dunia maya atau virtual di dalam jaringan computer yang mensimulasikan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kita buat suatu uraian singkat, diantara dua orang yang bercakap-cakap tentunya ada ruang. Ketika kita bercakap-cakap secara lisan, ruang itu tak lain adalah ruang fisik 3 dimensi. Jika kita bercakap-cakap lewat telpon tentunya ada sejenis ruang juga yang mengantarai kita. Ruang itulah yang disebut Wiliam Gibson sebagai Cyberspace.

Kiasan atau metafora ruang ini memang menjadi lebih relevan ketika terjadi komunikasi diantara lebih dari dua orang dan masing-masing berada di di penjuru bumi sebab ruang itu kini tidak mengentarai, tetapi justru melingkungi para komunikator dalam jaringan computer. Dan ketika yang berkomunikasi bukan hanya dua atau banyak manusia, melainkan juga mesin-mesin informasi alias komputer, kiasan ruang itu semakin relevan.

Namun, ketika bentuk informasi semakin beragam dengan ikut sertanya sang komputer, melalui internet, akan menyebabkan perubahan informasi yang bukan hanya disampaikan ke orang lain, melainkan juga bisa disimpan sebgai data dalam memori komputer. Informasi yang tersimpan itu bisa diambil lagi bila diperlukan, bahkan bisa diolah dan diubah-ubah oleh mikroprosesor, jantung sang komputer. Pengolahan data dalam komputer itu dilakukan mikroprosesor sesuai dengan perintah atau program. Program-program pengolah informasi ini juga disimpan dalam memori.

Dengan demikian, kita dapat mengumpamakan beragai data dan program pengolahnya itu sebagai barang-barang dan alat-alat virtual atau maya yang berada dalam cyberspace itu. Jadi, cyberspace tidak saja melingkungi diri kita, tetapi juga dihuni oleh benda maya yang dalam kenyataanya, semakin lama semakin banyak saja.

Di dunia yang baru ini, kita tidak hanya bisa berkomunikasi satu sama lain, tetapi juga bisa mencari informasi, data, atau program di pantai lautan informasi yang dinamakan internet. Sementara di dunia nyata sehari-hari kita mencari informasi ke perpustakaan, internet pun dapat dipandang sebagai sebuah kompleks gedung perpustakaan yang raksasa yang aneh. Di kompleks prpustakaan maya ini terdapat sebuah buku tunggal bernama WWW (World Wide Web), atau sekarang dikenal dengan sebutan web saja, terdiri dari berjuta-juta hlamn dan berserakan di seluruh dunia.

Akan tetapi, dalam gedung informasi bernama internet itu, kita tidak hanya bisa mencari informasi, tetapi juga berdiskusi didalam ribuan ruangan komunikasi yang disebut newsgroup, mailing list, atau chat room. Newsgroup bisa diibaratkan sebagai sebuah majalah dinding besar yang diisi dan dibaca oleh siapa saja melalui surat elektronik (e-mail). Mailing list alias milis dapat diibaratkan sebagai kumpulan surat terbuka elektonik) yang dikirimkan langsung hanya kepada anggota-anggotanya. Chat (alias IRC atau Internet Relay Chat ) dapat diibaratkan sebagai ruang santai yang di dalamnya banyak orang di seluruh pelosok dunia dapat mengobrol secara tertulis tanpa bertatap muka pada waktu yang bersamaan.

Dilihat dari sisi itu, tampaknya internet merupakan sebuah ruang informasi dan komunikasi budaya yang menjanjikan, menembus batas-batas antarnegara dan mempercepat penyebaran dan pertukaran ilmu dan gagasan di kalangan ilmuwan dan cendikiawan di seluruh penjuru dunia. Akan tetapi, sejak 1993, Internet dibuka untuk umum dan ribuan perusahaan dan organisasi, pemerintah dan swasta, memasang situs web masing-masing di sana. Begitu juga organisasi agama. Akhirnya internet pun menjadi sebuah Cyberspace milik semua orang, menjadi tempat penyimpanan dan pertukaran informasi dari satu penjuru ke penjuru bumi lainnya.


Apakah Internet? Internet itu energi.

------ Syaikh Hisyam Muhammad Kabbani

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger